Monday, November 21, 2016

Cara Menjual dan Penukaran Bitcoin ke Rupiah


   Setelah kita semua mendapatkan bitcoin dan mengisi wallet kita, pertanyaan selanjutnya yang muncul di pikiran kita adalah bagaimana caranya menjual / menukarkan bitcoin yang kita punya ke dalam mata uang rupiah di rekening tabungan kita. Tutorial berikut ini akan menjelaskan bagaimana cara menukarkan bitcoin ke rupiah melalui exchanger lokal vip bitcoin.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar ke situs exchanger vip.bitcoin.co.id (catatan : ada link referral saat mendaftar, karena situs exchanger ini mengharuskan setiap member baru yang mau bergabung harus punya referral). Klik link register dan isilah data-data yang dibutuhkan seperti email, username, password, nomor handphone dll dan klik saya setuju dengan persyaratan, lanjutkan pendaftaran. (Catatan : Email, Username, Nomor HP dan Nama tidak bisa dirubah setelah register, oleh karena itu telitilah sebelum mengisi data tersebut). Cek email yang anda daftarkan sebelumnya untuk konfirmasi email.
Setelah terdaftar, login ke akun anda dan mulailah melakukan deposit bitcoin di situs vip.bitcoin.co.id. Lakukan deposit bitcoin pada akun anda dengan mengklik Saldo pada bagian atas, pilih Depo BTC.  Copy alamat Bitcoin pribadi anda yang ada disana dan kirimlah bitcoin yang ada di wallet anda ke alamat bitcoin tersebut.
Deposit Bitcoin pada vip.bitcoin.co.id
Tunggu beberapa menit sampai bitcoin masuk ke akun anda, cek bagian Saldo diatas. Biasanya akan terdapat  notifikasi merah ketika saldo bitcoin anda sudah masuk, biasanya setelah 1 konfirmasi oleh jaringan bitcoin (normalnya 10 menit, tapi terkadang bisa lebih lama). Setelah bitcoin yang anda kirimkan masuk, lakukan penjualan bitcoin dengan mengisi kolom Total Bitcoin pada kolom Jual Bitcoin di kanan bawah chat box. Isi sesuai dengan jumlah bitcoin yang ingin anda jual, pilih Market (Instant) Method jika ingin bitcoin yang anda jual langsung dibeli oleh buy order yang tersedia. Apabila anda ingin menjual bitcoin sesuai harga yang anda inginkan, pilih Metode Limit dan pilihlah harga bitcoin yang anda inginkan, tunggu sampai ada orang yang membeli bitcoin anda pada harga tersebut.
Jual Bitcoin dengan Metode Limit dan Market


Terkadang proses metode ini menjadi lebih lama karena ada user lain yang menjual bitcoin lebih murah dari harga yang kita tawarkan. Jumlah rupiah yang didapat pada proses penjualan dengan metode limit akan lebih tinggi dibandingkan metode market, karena proses metode limit memerlukan waktu yang lebih dengan harga jual yang lebih bagus dibanding metode market. 

Setelah penjualan bitcoin selesai, maka Saldo rupiah kita akan terisi. Jumlah saldo rupiah inilah yang bisa kita cairkan ke rekening tabungan bank kita, cara untuk mencairkan saldo rupiah ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu :

Penarikan Rupiah lewat sistem Withdraw Vip.bitcoin.co.id
Cara ini bisa dilakukan dengan mengklik menu Finansial -> Rupiah -> Penarikan Rupiah. Isilah kolom Permintaan Penarikan Rupiah yang ada seperti Jumlah Penarikan, Bank yang digunakan, serta Nomor rekening. Nama pemilik rekening yang anda gunakan untuk penarikan harus sesuai dengan nama yang anda daftarkan pada saat register. Buka email anda dan konfirmasi penarikan anda. Minimal penarikan adalah Rp.100.000 dan maksimal penarikan adalah Rp.50.000.000 per hari. Biaya penarikan adalah sebesar 1% dari jumlah penarikan, minimal sebesar Rp.25.000. Artinya apabila nilai 1% dari total jumlah penarikan kita kurang dari Rp.25.000, maka akan digenapkan ke Rp.25.000 oleh sistem. Proses penarikan dana rupiah akan memakan waktu selama maksimal 1 hari. Biaya yang mahal dan waktu penarikan yang lama, makanya saya jarang menggunakan sistem penarikan ini.

 Penarikan Rupiah melalui sistem Voucher
Cara ini bisa dilakukan dengan mengklik menu Finansial -> Voucher. Pilih kolom Buat Voucher Baru, isilah data Jumlah Rupiah sesuai dengan dana yang ingin anda tarik, isi PIN Google Auth (apabila anda mengaktifkan fitur 2FA), lalu klik tombol Buat Voucher. Buka email anda dan konfirmasi penarikan lewat voucher pada link yang ada. Copy Kode voucher yang telah dibuat dan berikan kode tersebut pada exchanger yang menerima pembelian voucher vip.bitcoin.co.id. Salah satunya adalah Digitalchanger.com, hubungi exchanger lewat YM / WhatsApp (saya biasanya transaksi lewat YM karena lebih cepat dan mudah). Silakan tanya apakah mereka ready pembelian voucher, kalau sudah ready silakan berikan kode voucher yang ada, Bank, nomor rekening dan nama rekening anda. Minimal transaksi adalah Rp.100.000 dan biaya transaksi adalah 1% dari jumlah voucher anda atau minimal Rp.10.000. Waktu transaksi yang diperlukan adalah sekitar 5 menit, jauh lebih cepat daripada menunggu 1 hari dengan menggunakan penarikan rupiah lewat sistem vip.bitcoin.co.id. Oleh karena itu, penarikan rupiah dengan metode voucher lebih cepat dan murah.

Setelah proses penarikan rupiah selesai, maka uang anda akan berada di rekening anda dan penghasilan dari bitcoin bisa anda gunakan untuk keperluan anda. Selamat mencoba