Sunday, November 20, 2016

Cara Menjalankan Android di PC Menggunakan Flashdisk






1. Download file ISO Android-X86 langsung di situsnya http://www.android-x86.org/download. Di sana kamu bisa memilih file ISO dari Android versi terbaru maupun versi lawasnya.

2. Download juga aplikasi Unetbootin setelah itu langsung diinstall. Aplikasi ini berfungsi untuk meng-ekstrak file ISO ke dalam flashdisk. Kamu bisa mencari aplikasi ini di Google.

3. Setelah itu siapkan sebuah flashdisk berkapasitas minimal 500MB yang telah diformat ke partisi FAT32 kemudian tancapkan flashdisk ke komputer.

4. Buka aplikasi Unetbootin, pilih Citra disk kemudian browse file ISO Android-X86 yang telah didownload tadi. Tentukan Drive di mana flashdisk kamu berada, misalnya Drive G:\



5. Setelah semuanya siap, klik tombol OK untuk memulai ekstrak file ISO ke flashdisk. Setelah selesai meng-ekstrak, Restart komputer dan lakukan booting dari flashdisk tersebut.




Akan tampil pilihan menu dan kamu bisa memilih Live CD - Run Android-x86 without installation jika langsung menjalankan Android menggunakan flashdisk tanpa melakukan instalasi. Jika kamu ingin menginstalnya langsung ke komputer silakan pilih Installation - Install Android-x86 to harddisk.
Berikut tampilannya :





Selesai, sekarang komputer kamu sudah menjelma menjadi Android dan kamu bisa merasakannya seperti halnya smartphone Android sungguhan. Untuk koneksi internet kamu bisa menggunakan Wi-Fi yang tersedia di sekitarmu.

Penting :
Jika kamu ingin menginstallnya secara langsung di komputer, siapkan terlebih dahulu partisi hardisk khusus untuk sistem operasi android. Ini untuk mencegah terjadinya masalah pada sistem operasi Windows kamu.

Bagaimana, mudah-kan?
Itulah cara lain dan unik menjalankan Android di komputer tanpa menggunakan Emulator. Jika menurut kamu artikel ini sangat bermanfaat, silakan di-share ya :)
Jika ada pertanyaan silakan berkomentar di kolom komentar yang sudah disediakan dibawah.
Selamat mencoba...