Sunday, October 30, 2016

Susunan directory linux beserta fungsinya




Berbeda dengan sistem operasi yang lainnya, hirarki sistem Linux berbentuk seperti akar pohon. Puncak dari hirarki sistem Linux adalah root (/). Apabila pada sistem operasi Windows perangkat device dilambangkan dengan huruf-huruf (C untuk harddisk partisi utama, D untuk harddisk partisi kedua, lalu A untuk Floppy Disk, E untuk DVD-ROM dst.), semua perangkat device di dalam Linux dianggap sama, yaitu menjadi sebuah berkas.



Selain itu, apabila di dalam sistem operasi Windows semua arsip dapat diakses dan dimodifikasi, tidak dengan Linux. Hanya folder arsip, home, dan cdrom sajalah yang dapat dimodifikasi, sedangkan folder sistem yang lainnya, tidak.

Berikut keterangan partisi di linux berdasarkan fungsinya
/ (/root) : menunjukkan hirarki tertinggi dari sistem ditektori Linux dimana direktori ini membawahi dari direktori /usr, /home, /mnt dan direktori lainya seperti gambar diatas.
/bin : berisi program yang berisi perintah-perintah yang digunakan oleh user biasa seperti perintah ls (menampilkan isi dari suatu direktori, cd (untuk berpindah direktori).
/sbin : berisi program yang berisi perintah-perintah yang digunakan oleh super user seperti ifconfig (menampilkan informasi tentang kartu jaringan / network device yang terpasang pada mesin).
/home : berisi data dari user yang terdaftar dalam komputer / mesin yang bersangkutan.
/usr : berisi paket program, dokumentasi, konfigurasi, aplikasi, library dan source aplikasi linux.
/opt : berisi aplikasi yang dapat diakses oleh semua user (hampir sama dengan /usr/sbin/.
/root : merupakan “home” nya superuser / root / administrator.
/tmp : singkatan dari temporer adalah direktori yang disediakan ketika dibutuhkan ruang sementara dalam melakukan pekerjaan, contoh  ketika melakukan proses burn cd maka image (file iso ) secara default dimasukkan ke direktori ini sebelum di burn ke cd.
/etc : secara umum merupakan direktori tempat file konfigurasi berbagai macam service dan program yang terinstall di dalam sistem.
/mnt : berisi informasi device yang terpasang (mount) di dalam komputer.
/var : Direktori ini berisi data yang bermacam-macam (vary). Perubahan data dalam sistem yang aktif sangatlah cepat. Data-data seperti ini ada dalam waktu yang singkat. Karena sifatnya yang selalu berubah tidak memungkinkan disimpan dalam direktori seperti “/etc”. Oleh karena itu, data-data seperti ini disimpan di direktori var.
/boot : berisi informasi yang berkaitan dengan device dan service yang dijalankan ketika komputer melakukan booting (proses komputer dari keadaan mati/off menjadi hidup/on)

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.